Selamat datang di info usaha dan media online

Tutorial Pembuatan Media Jamur Tiram Kumplit

Minggu, 10 Maret 201331komentar

Assalamu'alaikum wr wb... Sobat Info apakabar nih,,,? Langsung saja sobat, Pada kesempatan malm ini Info mau berbagi mengenai bagaimana cara pembuatan atau campuran komposisi dari pembuatan media baglog Jamur Tiram menggunakan serbuk gergaji.

Dalam hal ini kita siapkan beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat media baglog Jamur yang sudah saya filterasi di antaranya :
  • Serbuk Gergaji Kayu 1 Kwintal (5kantong)
  • Bekatul (dedak) 15 Kg
  • Tepung biji-bijian (dalam hal ini saya ppake tepung jagung) 2-5Kg
  • Kapur 2-4Kg
  • Air secukupnya
Berikut langkah -langkahnya :

A. PENGAYAKAN SERBUK GERGAJI

Langkah ini bertujuan untuk memisahkan kotoran dan kayu-kayu yang besar yang dapat merusak pada kantong plastik pda saat proses pengewadahan, dalam proses ini bisa dilakukan dengan menggunakan kawat strimin.

Proses pengayakan (cahyojamur)

Sobat bisa melihat cara pengayakan yang menggunakan kawat strimin jadi serbuk yang dihasilkan bisa seragam seperti pada gambar di atas. 

B. PENCAMPURAN KOMPOSISI

Setelah kita mendapat atau sudah selesai proses pengayakan selanjutnya kita ke proses pencampuran atau biasa di sebut dengan pemberian nutrisi pada bahan baku media (Baglog) , Dalam proses ini kita wajib berhati-hati karena ini menentukan kerataan nutrisi pada media.

Adapun cara yang digunakan untuk pencampuran ini ada 2 (dua) cara yaitu dengan manual dan menggunakan mesin dalam hal ini saya masih menggunakan tenaga manusia (manual)

Proses pencampuran (cahyojamur)

Proses di atas adalah pemberian komposisi pada serbuk gergaji yang sudah di ayak kemudian di ratakan seperti menjemur padi kemudian nutrisi tambahan (bekatul,tepung jagung,kapur) kemudian diaduk-aduk sampai benar-benar merata setelah dilihat warna berubah kemudian kita kasih air sercara bertahap sambil di aduk- aduk lagi sampai semua kejangkau kebasahannya, untuk mengetahui kadar air yang cukup silahkan sobat mengepalkan seburk yang sudah di kasi air dengan erat , tetapi tidak mengeluarkn air dan saat di lepas tidak pecah.

C. PENGOMPOSAN

Proses pengomposan yang dilakukan setelah kita melakukan proses pencampuran adalah bertujuan menonaktifkan bakteri yang terdapat pada serbuk kayu dan memaksimalkan penyerapan kadar air pada serbuk dan suhu ini di usahakan mencapai 50 drajat C , makanya selama melakukan pengomposan kita harus menutup komposan dengat terpal dengan rapat--rapat.

proses pengomposan (cahyojamur)
Setelah selesai pencaampuran terus sobat buat seperti gambar di atas dan dipadatkan kemudian tutup pake terpal.

D. PENGEWADAHAN/PENGEPRESAN

Proses pengepresan adalah proses paling akhir dimana kita sebelum melakukan proses sterilisasi, tujuan dari pengewadahan atau pengepresan adalam membentuk serbuk gergaji yang menyerupai kayu gelondongan dimana untuk bisa di jadikan media tumbuh jamur tiram. dalam pengewadahan harus dipadatkan sehingga media tidak cepat susut dan bisa bertahan lama. dalam proses ini bisa menggunakan botol yang diisi pasir atau buat dari batana kayu untuk memadatkan.

Proses pengepresan (cahyojamur)

E. STERILISASI

Proses sterilisasi adalah proses dimana proses pengewadahan sudah selesai kemudian kita susun media baglog ke dalam soblock atau drum sampai dengan kapasitas yang kita inginkan kemudian kita tutup dengan plastik tebal (0,15) yang berbentuk silinder dan ikat rapat-rapat sehingga tidak ada uap panas yang keluar. proses ini terpenting atau proses yang sangat vital untuk menentukan keberhasilan kita dalam menanam bibit jamur, kenapa bisa sangat penting,,,? karena dalam proses ini adalah dimana kita berusaha untuk menonaktifkan microb bakteri yang terkandung didalam media yang kita buat sehingga kalo proses sterilisasi ini gagal dalam arti tidak memenuhi target maka bibit yang kita tanam nantinya tidak akan bisa ditumbuhi miselium.

Untuk standaisasi waktu proses sterilisasi ini tergantung dari jumlah media yang akan kita sterilkan.
Contoh :
Kapasitas dalam satu Drum 200-300 baglog itu harus dengan waktu sampai minimal 8-9 Jam (api setabil)

Apabila kurang dari standar maka pekerjaan kita akan sia-sia.

proses sterilisasi (cahyojamur)

F. Inokulasi

Proses Inokulasi adalah proses dimana kita menanam atau memberi bibit jamur pada media yang sudah kita sterilkan untuk selengkapnya silahkan sobat baca artikel sebelumnya mengenai panduan proses Inokulasi Disini

G. INKUBASI

Proses Inkubasi adalah proses dimana semua langkah-langkah sudah dilakukan dan kita tinggal menunggu perkembangan dari pekerjaan kita, jadi proses Inkubasi yaitu proses perjalanan atau pertumbuhan miselium pada suhu yang hangat dalam proses ini memerlukan waktu kurang lebih 30 hari sebelum keproses pembuahan.

proses inkubasi media baglog jamur (cahyojamur)
Nah dengan dilakukannya proses ini bearti pembuatan media baglog jamur tiram sudah selesai sobat sekarang sobat tinggal menunggu hasil dari kerja sobat semua.

Kiranya cukup sekian dulu pembahasan tentang Budidaya Jamur Tiram mudah-mudahan lain waktu Info bisa berbagi lagi dengan artikel selanjutnya, Mudah-mudahan apa yang Info sampaikan pada hari ini bisa di mengerti dan dipahami dan seandainya ada yang kuran dan wajib ditanyakan silahkan tinggalkan komentar supaya Info bisa merespon. Terimakasih happy blogging dan Wassalamu'alaikum wr wb...
Share this article :

+ komentar + 31 komentar

10 Maret 2013 20.11

Keren masbro, semoga sukses selalau mas

10 Maret 2013 21.01

Informasi nya berguna banget bagi yang sedang menekuni usaha ini sobat! Nice :)

10 Maret 2013 22.16

@M. Alex Joenaedi makasih kang suport dan kunjunganny salam sukses

10 Maret 2013 22.18

@Daniel Benny Simanjuntak mudah-mudahanbisa diterima sobat,,,makasih kunjungannya

11 Maret 2013 02.07

Mantap nih Infonya,
Oh iya mas. Kenapa ya pada tampilan angkanya ada garis yg ibaratnya dicoret. Contoh 1 kwintal. angka 1 nya dicoret gitu.

11 Maret 2013 03.56

@Anak MasMungkin angka itu bisa di sesuaikan dgn kebutuhan. klw utk mas cahyo mmg angka2 itu yg di pakai. mungkin sih ...hehehe

11 Maret 2013 03.57

Hebat nih mas cahyo...usaha jamurnya sepertinya makin sukses. semoga seperti itu seterusnya

11 Maret 2013 05.20

semoga infonya bermamfaat,,, selamat malam sobat...

11 Maret 2013 08.34

wah nambah deh wawasan saya tentang pembuatan jamur tiram :D makasih mas sudah berbagi :)

12 Maret 2013 01.11

@Anak Mas itu jumlah komposisi hasil filtrasi saya sob yg tadinya ada 7 komposisi,,,biar sedikit pengeluaran karena sekarang semua bahan pada naik.
makasih kunjungannya kang

12 Maret 2013 01.13

@Indah P tepat sekali sis,,,mba indah genius deh :)
makasih kunjungannya

12 Maret 2013 01.15

@Indah P amin ini berkat do'a sobat semua,,semoga kesuksesa selalu berpihak kepada kita :)
makasih sudah mampir

12 Maret 2013 01.22

@bredmart mudah-mudahan sobat maksih sudah berkunjung

12 Maret 2013 01.26

@arbeta blog semoga bermanfaat kawan dan makasih sudah berkunjung

12 Maret 2013 04.38

terimakasih nih sobat informasinya

12 Maret 2013 22.10

jamur tiram kumplit itu kayak apa sh mas? ko gk ada gambarnya ya...
btw thx infox ya. *smile

13 Maret 2013 00.26

Pantes harga'a mahal... prosesnya pnjang dan rumit trnyata

13 Maret 2013 08.00

@Herman baguz sama" sob makasih sudah berkunjung

13 Maret 2013 08.02

@Rohis Facebook kan sesuai topik gan itu gambar tentang proses produksinya,untuk gambar jamur bisa di tengok di artikel yg lain :)
makasih sudah berkunjung

13 Maret 2013 08.04

@Gembel Model tergantung daerah gan klo mslh harga,,,posisi dimana?
makasih sudah komentar

wah enak nih kayaknya :D

13 Maret 2013 17.13

@cahyo jm Sama sama sobat, mampir lagi nih

13 Maret 2013 17.59

@Master Jin - Belajar dan Berbagi mudah-mudahan bermanfaat sobat,,makasih kunjungannya

16 Maret 2013 21.56

Wah.. Mantap infonya sob.

17 Maret 2013 03.50

@Yono Karyono makasih sobat untuk kunjungannya

17 Maret 2013 05.43

Bermanfaat soB infonya. Kapan2 mau nyoba

29 Maret 2013 00.19

sangat bermanfaat kang, jadi pengen nyoba nih membuat jamur tiram... :)

11 Mei 2013 07.57

bagus artikelnya..

12 Desember 2013 05.49

@Jamur Tiram Trima kasih pak bos untuk kunjungan dan komentarnya salam sukses buat anda

Anonim
3 Juni 2014 10.54

waahhh....bisa di coba nihh, tapi klau misalkan membudidayakannya d daerah dtaran tinggi gmn yahh?! m komposisi bhannya jg harus beda gitu yahh...?!

14 Juni 2014 18.59

@AnonimDataran tinggi lebih bagus karena suhu dan kelembapan lebih rendah dan stabil,,,,, trimakasih kunjungannya salam :)

Poskan Komentar

Terima kasih atas kunjungannya dan silahkan berkomentar dengan baik dan sopan "NO SARA,PORNO,SEX" hargai/hormatilah pengunjung yang lain "DI MOHON JANGAN MENINGGALKAN LINK AKTIF,JANGAN MENGHINA BLOG INI" karena akan di hilangkan/hapus oleh "PENULIS"

"DOFOLLOW BLOG"
"KRITIK DAN SARAN ANDA ADALAH MOTIVASI BAGI KAMI"

 
Ping your blog, website, or RSS feed for Free
Copyright © 2011. INFO USAHA - All Rights Reserved
Powered By : Blogger.com
Template Created by Creating Website Published by Mas Template Editing By Cahyo JM
Bagi yang berminat Budidaya silahkan baca updatetan saya secara online atau berkunjung di Alamat :Jln.A Yani No.36 Ds. Caruy-Cipari-Cilacap-Jawa Tengah