Notifikasi

Ciri-Ciri Pertumbuhan Miselium Yang Normal



Assalamu'alaikum sobat jamur pada kesempatan ini saya akan mengshare buat para sobat yang masih bingung dengan "kaya gimana sih yang di sebut inkubasi yang normal" Ok sebelum ada yang bertanya saya akan memberi asumsi kepada sobat jamur semua yang masih newbie (seperti saya) .
Pada umumnya setelah kita melakukan proses inokulasi (pembibitan) silahkan lihat Disini.

Ciri-Ciri Pertumbuhan Miselium Yang NormalSetelah proses Inokulasi tadi kita wajib melewati prosess Inkubasi (pertumbuhan Miselium) nah dalam hal ini dibutuhkan tempat dan suhu yang khusus yang bertentangan dengan prosess Pertumbuhan Jamur (Growing room), dalam proses Inkubasi kita membutuhkan suhu diantara 26-28 *C dengan kondisi tempat yang cukup gelap (kedap cahaya) ini bertujuan agar supaya pertumbuhan miselium tumbuh dengan sempurna.

Saya contohkan disini untuk pertumbuhan yang sempurna dengan ukuran baglog 17 x 30-03 dan saya sarankan jangan lupa untuk memberi label pada setiap kita habis melakukan prosess inokulasi lihat Disini , sehingga kita bisa senantiasa melihat/mengontrol seberapa bagus pertumbuhan miselium pada media baglog.

Ciri-Ciri Pertumbuhan Miselium Yang Normal

Nah sobat jamur bisa lihat pada gambar diatas bentuk dan kerataan pertumbuhannya no.1 itu miselium yg tidak normal, no.2 miselium normal(sempurna) padahal itu inokulasi besamaan Tgl 1-11-2012, sekarang definisinnya ciri-ciri pertumbuhan miselium yang sempurna antara lain :
  • Miselium tidak jauh tertinggal dengan masa inokulasi
  • Miselium tumbuh dengan merata
  • Miselium tumbuh dengan subur/tebal
  • Tidak ada bercak/noda (bakteri jamur lain) pada baglog
Nah itulah definisi yang saya maksud dengan kesempurnaan pertumbuhan miselium, untuk bisa memperoleh hasil seperti yang diatas silahkan sobat semua mempraktekan apa-apa yang saya sarankan diatas. kiranya cukup sampai disini pembahasan kali ini dan tunggu tips-tips selanjutnya mudah-mudah apa yang saya sajikan hari ini bemanfaat buat sobat jamur semua amiiiiin,,,,"Berbagilah selagi itu masih dalam hal kebaikan karena orang yang menanam kebaikan niscaya dia akan mendapatkan berkah yang berlipat"
Wassalamu'alaikum wr.wb

Budidaya jamur
Join the conversation
Post a Comment
Top comments
Newest first
Table of Contents
Link copied successfully.