Notifikasi

Mengoptimalkan Masa Panen Media Baglog

Selamat sore sobat blogger mungkin salah satu dari sahabat ada yang berprofesi seperti saya, yaitu tentang budidaya kususnya Jamur Tiram Putih dll. Disini saya akan coba share mengenai Cara Mangoptimalkan Masa Panen Pada Media Baglog, nah mungkin sobat bertanya-tanya yang seperti apa yang di kategorikan pada judul di atas ?

Nanti saya coba jelaskan,,,,Yang dimaksud dengan megoptimalkan masa panen ini dimana media baglog yang sudah afkir (sudah tidak produktif) dalam hal ini yang menjadi faktor pengoptimalan masa panen adalah sebagai berikut :
  1. Media jangan terlalu basah
  2. Menggunakan komposisi yang standar, jangan pernah menggunakan komposisi yang lain tanpa terkecuali tepung biji-bijian
  3. Dalam mengaduk/mencampur (adonan) usahakan merata dengan baik
  4. Komposisi standar / perbandingan dalam 1 Kwintal serbuk gergaji : 15% Bekatul : 3-4% Kapur : 2% Tepung biji-bijian, ini yang sudah saya lakoni selama saya berproduksi
  5. Pengukusan harus optimal agar media tidak mudah naik Ph-nya
  6. Usahakan cincin/ring pada baglog jangan di ambil sebelum kadar air dalam media benar-benar dropdown
  7. Buat rak dalam 2 bentuk yang pastinya berbeda fungsinya
Nah sekarang saya coba menjelaskan ke-8 kategori diatas :

A. Media Jangan Terlalu Basah
Yang dimaksud dengan media jangan terlalu basah adalah : Dalam hal ini nedia yang tingkat kadar airnya terlalu tiggi bisa mengakibatkan terhambatnya pertumbuhan miselium bahkan bisa membusuk, (gagal panen).

B. Menggunakan Komposisi Yang Standar
Menggunaka komposisi yang setandar adalah :Dimana komposisi ini sangat berperan penting bagi pertumbuhan jamur dan yang pastinyaberpengaruh pada masa panen.

C.  Adonan harus merata dengan baik
Yang dimaksud pengadukan yang baik adalah :Bagi yang proses manual usahakan berhati-hati dalam memberi air janganlah serentak (sekaligus) usahakan secara bertahap (step by step) karena kalo secara sekaligus bisa mengakibatkan gumpalan pada bekatul dan gumpalan tersebut akan mengakibatkan kontaminasi, sehingga panen tidak maksimal karena baglog kontaminasi, sobat bisa baca disini 

D.  Perbandingan komposisi
Perbandingan yang baik seperti di atas akan berperan pada hasil panen, apabila perbandingan komposisi yang lebih tidak menurut prosedur tidak akan berbuah baik dan apa bila komposisi yang kurang akan mengakibatkan hasil panen yang kurang memuaskan (jamur tumbuh tidak subur) sehingga mengurangi masa panen karena nutrisi didalamnya drop.

E. Pengukusan yang optimal
Yang dimaksud pengukusan yang optimal adalah untuk mencegah tumbuh microb bakteri pada media baglog dan juga mencegah kaenaikan PH secara dini sehingga miselium tidak terganggu dalam pertumbuhannya jadi masa panenpun tidak akan tersendat.

F. Usahakan cincin/ring jangan di lepas
Usahakan cincin/ring pada media baglog jangan dilepas sebelum masa panen tidak produktif, karena apabila cincin dilepas sejak dini maka permukaan media setelah hasil panen akan kendur sehingga mengakibatkan endapan air sewaktu penyiraman dan akan mengakibatkan kebusukan media sehingga masa panen jadi lebih pendek (tidak optimal)

G. Membuat rak dalam 2 (dua) bentuk
Untuk pembuatan rak jamur diusahakan dalam du bentuk dan itu bisa mengoptimalkan masa panen, karena rak dengan 2 bentuk mempunyai fungsi yang bebeda :
  1. Rak posisi Vertikal : Berfungsi sebagai prosess inkubasi media (pemutihan) dan juga berfungsi untk menyimpan media yang sudah ufkir setelah di rollong dari rak horisontal
  2. Rak posisi Horisontal : Berfungsi sebagai rollingan media baglog dari rak vertikal (proses inkubasi) dalam hal ini media sudah ufkir dan harus di potong segingga pada proses penyiraman kadar air bissa menyerap dengan baik sehingga membantu pertumbuhan jamur (fruting body) dan tentunnya mengoptimalkan masa panen.

ahayyyyyyyy
ahayyyyy
ahayyyyy

Nah sampai disini dulu pembahasan tentang cara mengoptimalkan masa panen pada media baglog , mudah-mudahan apa yang saya tuliskan bisa di fahami dan di mengerti dan alangkah baiknya jika sobat coba untuk pembuktian/perbandingan.

Saya mohon maaf seandainnya ada kalimat / kata-kata yang mungkin kurang berkenan di hati sobat sekalian bye bye salam hangat dan semangat untuk mencapai apa yang kita cita-citakan.
Budidaya jamur
Join the conversation
Post a Comment
Top comments
Newest first
Table of Contents
Link copied successfully.