Notifikasi

Pemasaran Jamur Tiram

Selamat malam sobat pengunjung untuk mengisi waktu luang, saya coba membahas sedikit tentang pemasaran jamur tiram. karena sebelum kita atau sobat ingin usaha budidaya jamur terlebih dahulu harus menguasai, setidaknya mengenal pemasaran.

Keberhasilan Budidaya Jamur Tiram tidak akan berarti banyak jika produk yang dihsilkan tidak dapat di jual dengan harga yang sesuai, seperti jenis usaha yang lainya, pasar merupakan ujung tombak dalam setiap usaha apalagi usaha di bidang produksi, Untuk saat ini jamur belum terlalu memasarakat untuk wilayah atau suatu daerah pedesaan terutama.
Pemasaran Jamur Tiram
Hal ini menyebabkan pasarnyapun masih berada di kalangan terbatas, yaitu masyarakat golongan ekonomi menengah ke atas yang sebagian tinggal di kota-kota besar. untuk meningkatkan pemasaran jamur tiram masih di perlukan usaha-usaha pemasyarakatan (mensosialisasikan).
Budidaya jamur tiram sangat mudah di lakukan dengan bahan baku yang tersedia dan melimpah rasa aroma jamur yang lezat serta kandungan/khasiat yang menguntungkan bagi kesehatan tubuh merupakan prospek pasar yang besar jika jamur tiram tersebut terkenal luas di masyarakat.

Dengan melihat pasar jamur yang masih terbatas di golongan masyarakat ekonomi menengah ke atas yang biasanya menuntut kualitas barang dan penampilan yang lebih baik maka perlu di perhatikan mengenai penanganan khusus sebelum di pasarkan. beberapa bentuk penanganan di anataranya sebagai berikut :

1.Seleksi
Seleksi di lakukan untuk memilih jamur dengan bentuk, ukuran, dan warna yang seragam. dalam seleksi ini juga perlu di perhatikan kebersihan dan bentuk potongan.

2. Kemasan
Kemasan jamur tiram yang di jual saat ini menggunakan plasti sayur dan di kemas biasanya 1-1,5 Ons/kemasan.

3. Transportasi dan penyajian
Jamur tiram biasanya di pasarkan dalam bentuk/keadaan segar, untuk mempertahankan kesegaran sampai di tangan konsumen maka perlu transportasi sesegera mungkin, jika jarak pengangkutan cukup jauh sebaiknya pengangkutan menggunakan pendingin, harga borongan/curah jamur tiram pada tingkat produsen saat ini berkisar antara Rp 8000,00,- Rp 9000,00,-/Kg.

Berdasarkan uraian di atas dapat di simpulkan bahwa peluang pasar jamur masih terbuka luas. namun, produksi jamur tiram saat ini perlu di sosialisasikan lagi......!

Semoga apa yang saya terangkan di atas dapat membantu sobat pengunjung semua,,,kesimpulanya janganlah ragu untuk membuka "Usaha Budidaya Jamur Tiram",,,,,,

Budidaya jamur
Join the conversation
Post a Comment
Top comments
Newest first
Table of Contents
Link copied successfully.