Notifikasi

Pengaruh Dari Besar Kecil Ukuran Media Baglog


Selamat malam sobat Info pada kesempatan ini saya coba menerangkan atau membahas mengenai "Pengaruh dari besar kecilnya ukuran media baglog" sebelumnya saya coba mengulas dari pertanyaan dari salah satu teman sesama petani (seprofesi). beliau bertanya begini "mungkinkah pertumbuhan besar dan kecilnya pertumbuhan jamur di sebabkan oleh ukuran media baglog" begitulah pertanyaanya.
Kemudian saya menjawab, pertumbuhan besar kecil jamur itu tidak selalu di sebabkan oleh besar kecilnya ukuran media baglog, akan tetapi yang mempengaruhi besar kecilnya pertumbuhan jamur (fisik) itu ada pada ring (cincin) yang di gunakan. Logikanya semakin kecil ring (cincin) yang digunakan maka semakin kecil juga jamur yang tumbuh walaupun itu pada posisi media yang berukuran jumbo, berikut saya contohkan antara media yang pake cincin/ring dengan media yang sama sekali tidak memakai ring sangatlah jelas perbedaan fisik dari jamur yang tumbuh.

Perbedaan pertumbuhan jamur pada ukuran baglog

Dan sebaliknya semakin besar ukuran ring (cincin) maka semakin besar juga jamur yang tumbuh walaupun itu pada media yang mungil/mini, karena pada dasarnya pertumbuhan besar kecil jamur sangat berpengaruh pada lubang tumbuh karena semakin lebar lubang tumbuh maka semakin besar peluang jamur untuk mengembangkan fruting body yang di sebabkan oleh banyaknya oksigen pada ruang/lubang tersebut.

Jadi kesimpulannya semakin besar ring maka semakin banyak oksigen yang terdapat pada permukaan yang mengakibatkan pertumbuhan menjadi optimal, sedangkan untuk memenuhi psaran di lapangan kebanyakan menuntut ukuran jamur yang relatip kecil, bertentangan dengan kebutuhan dari para penjual olahan jamur.

Maka dari itu silahkan sobat praktekan apabila kurang percaya tentang apa yang saya uraikan di atas. kirana cukup sampai disini dulu pembahasan kali ini, mudah-mudahan pada lain kesempatan saya bisa sharing lagi dan mudah-mudahan semua yang saya sampaikan bermanfaat untuk sobat,,,,,wassalam !
Budidaya jamur
Join the conversation (4)
4 comments
Top comments
Newest first
  1. Stiker Jalingkut
    kunjungan perdana sobat. trmksi banyak tlh berbagi sobta. salam kenallya. klu ada waktu knjung balik sobat
  2. Admin+
    @Brebes VS Lamongan makasih banget sob atas kunjungannya salam kenal balik langsung ke-TKP
  3. kunjungan siang kawan
  4. Admin+
    @penyuluh perikanan makasih sobat kunjungannya salam sukses selalu buat anda
Table of Contents
Link copied successfully.