Notifikasi

Faktor Kegagalan Pertumbuhan Miselium Jamur

Faktor kegagalan dalam proses budidaya jamur
Assalaamu'alaikum wr.wb...
Hallo sobat Info selamat pagi selamat menjalankan rutinitasnya. Pada kesempatan ini saya coba share salah satu faktor kegagalan pada pertumbuhan miselium jamur pada media baglog, Pada akhir-akhir ini saya sering menerima telefon dari sesama petani jamur dan kebanyakan Bertanya " kenapa produksi saya sekarang ini sering mengalami kegagalan dalam proses inkubasi " ...? Dan kemudian saya mulai menjawab dan bertanya dari beberapa komposisi siapa tau ada yg kurang atau tidak benar yang akhirnya jadi penyebab :
  1. Serbuk Gergaji
  2. Bekatul
  3. Kapur
  4. Tepung Biji-bijian
Dari ke empat pertanyaan yang saya ajukan beliau menjawab satu demi satu dan saya simpulkan ada salah satu dari pertannyaan komposisi di atas yang tidak sesuai dengan fungsi yang sebenarnya sehingga menjadi penyebab kegagalan yaitu "KAPUR" Kapur adalah salah satu bahan atau komposisi yang sangatlah berpengaruh dan berperan sangat penting dalam keberhasilan proses budidaya jamur tiram.

"Nah inti dari faktor kegagalan di atas adalah petani salah menggunakan kapur, yang mereka pake adalah kapur dengan bahan dasar carbonate yang intisarinya berfungsi untuk  memperkokoh dan biasa digunakan untuk campuran ploor atau acian supaya tidak pecah-pecah. Sedangkan Kapur yang dibutuhkan dalam proses budidaya jamur tiram yang intisarinya untuk pengaturan PH (keasaman) dalam proses pengomposan media atau baglog"

Perbedaan yang bisa jadi patokan antara kalsit/calcium carbonate adalah:

Faktor Kegagalan Pertumbuhan Miselium Jamur
Calcium carbonate (Lembut se


Faktor kegagalan pertumbuhan miselium jamur
 Dolomite ataupun gamping (agak kasar)

Jadi saya recomendasikan pakailah KAPUR yang benar-benar fungsinya benar-benar dibutuhkan dalam proses budidaya jamur, di antarannya:
  1. Kapur Dolomit (kapur pertanian)
  2. Kapur Gamping (kapur sirih)
Budidaya jamur
Join the conversation (4)
4 comments
Top comments
Newest first
  1. Buret MRj
    dape ilmu lagi disini, tadinya saya kira CaCO3 kapur yang bagus, ternyata kapur sirih yang sering digunakan oleh para pengsaha jamur, terima kasih infonya mas
    • Admin+
      Semoga bermanfaat ms,terima kasih kunjungannya
  2. Unknown
    Unknown
    Yg bagus kapur dolomit atau kapur gamping
  3. Unknown
    Unknown
    Yg bagus kapur dolomit atau kapur gamping
Table of Contents
Link copied successfully.