Notifikasi

Langkah Awal Budidaya Semut Rangrang Penghasil Kroto

budidaya,semut,bisnis,trik,sukses,usaha,jamur,kroto,jangkrik,cara
Selamat pagi sobat Info selamat beraktivitas di awal pekan ini, semoga selalu semangat untuk mengais rizki dan ridho Tuhan Yang Maha Esa amin... Pada kesempatan ini saya kembali update artikel tentang "langkah awal budidaya semut rangrang penghasil kroto" .
Pada artikel sebelumnya sudah saya jelaskan bahwa budidaya semut rangrang sangatlah berpotensi dan menguntungkan dimana kebutuhannya yang makin meningkat di pasaran, Nah sekarang saya akan berbagi tentang cara persiapan budidaya semut tersebut. Pada dasarnya kita harus mengetahui dan mempelajari sifat-sifat semut rangrang dimana hewan perajut ini lebih identik suka ketinggian. Ok langsung saja ke topik pembahasannya dimana ada beberapa langkah untuk mempersiapkan dan apa saja yang di perlukan untuk berbudidaya semut rangrang penghasil kroto.
 
Langkah Awal Budidaya Semut Rangrang Penghasil Kroto
 
  1. Kubung/tempat/ruang
  2. Toples
  3. Rak budidaya
  4. Kelembapan
  5. Pencahayaan
1. Kubung/tempat/ruan
Kubgung/tempat/ruang adalah dimana nanti kita gunakan untuk menyimpan rak-rak semut supaya   aman dari jangkauan hewan predator ataupun jangkauan anak-anak, dan untuk kumbung sobat bisa menggunakan atau memanfaatkan ruangan yang kosong atau tidak terpakai.
 
2. Toples
Toples adalah tempat untuk bersarang sekaligus bertelur oleh semut rangrang, sobat bisa menggunakan toples bekas sosis,botol aqua ataupun dengan paralon dan jangan lupa di kasih lobang kecil-kecil (yang banyak) pada toples yang berfungsi sebagai fentilasi.

3. Rak budidaya
Rak budidaya adalah tempat untuk menaruh toples-toples yang digunakan untuk rumah atau habitat semut rangrang yang siap untuk bertelur, dan jangan lupa pada kaki-kaki rak harus di kasih pengaman supaya semut-semut tidak kabur yaitu dengan cara memasang toples atau nampan kecil di semua kaki rak dan diberi oli ataupun minyak atau air.

Langkah Awal Budidaya Semut Rangrang Penghasil Kroto

4. Kelembapan
Kelembapan sangatlah penting untuk keberhasilan atau kesuksesan budidaya semut rangrang oleh karena itu tempat/kubung harus lembab antara 60-80% suhu 26°C-34°C hampir sama dengan kumbung budidaya jamur, sehingga activitas semut tidak terlalu active sehingah waktu lebih banyak di sarang (toples) sehingga potensi bertelur semakin banyak.

5. Pencahayaan
Pencahayaan disini pencahayaan tidaklah penting dalam budidaya semut rangrang, karrena dalam budidaya semut ini tidak dibutuhkan cahaya lebih sehingga untuk keberhasilan kubung haruslah rada gelap, kenapa harus gelap...? karena kalau posisi pencahayaan dalam kumbung terlalu terang maka si semut akan sangatlah agresif dalam aktifitasnya sehingga akan berpengaruh besar dalam proses bertelur.

Nah sampai disini semoga bisa di pahami bagi sobat yang berminat budidaya semut, dan kalau ada yang perlu ditanyakan silahkan bisa di sampaikan pada kotak komentaar ataupun langsung ke contact person yang ada pada blog ini,,,, sekian dan terima kasih salam sukses untuk sobat semua :)
Budidaya Kroto
Join the conversation (1)
1 comment
Top comments
Newest first
  1. Staff Administrator
    sangat detail dan runtun banget penjabarannya, moga berguna buat yg ingin mencobanya :)
Table of Contents
Link copied successfully.